Klik Info Sponsor Kumpulblogger Yang Anda Suka Untuk Menutup Jendela ini.
 Anda tidak akan kehilangan halaman ini, karena sponsor akan terbuka di TAB baru. Terima Kasih
Mau membuat account google adsense tanpa blog? atau hanya menggunakan blogspot seperti pada blog ini? Caranya sangat mudah. Cukup kirim email ke cacingbakar@gmail.com.

Bagaimana Mempromosikan Blog Atau Produk Anda Dengan Cerdas dan Menguntungkan | Blogguebo.com

Bagaimana Mempromosikan Blog Atau Produk Anda Dengan Cerdas dan Menguntungkan | Blogguebo.com


Bagaimana Mempromosikan Blog Atau Produk Anda Dengan Cerdas dan Menguntungkan

Posted: 29 Apr 2010 07:20 PM PDT


Apakah Anda seorang blogger newbie (pemula) yang sedang putus asa mencari-cari cara untuk mempromosikan blog baru Anda? Apakah Anda seorang pemilik butik baju Muslim online yang ingin mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi dari bisnis rumahan Anda? Atau apakah Anda seorang pemilik bisnis online dan ingin melipatgandakan keuntungan bisnis online Anda?

Mempromosikan blog baru, baju Muslim, bisnis online atau produk apapun pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, memasang iklan berbayar di blog atau situs yang menyediakan ruang iklan. Kedua, memanfaatkan media social networking semacam Facebook atau MySpace untuk mempromosikan produk Anda secara gratis.

Kedua cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan cara pertama: exposure iklan lebih fokus dan massif karena Anda bisa memilih sendiri blog atau situs yang sesuai dengan target produk Anda. Kekurangan cara pertama: Anda harus mengeluarkan dana sangat besar jika ingin mendapatkan spot iklan terbaik di blog atau situs terbaik. Sebagai gambaran, untuk beriklan di Detik.com, Anda harus mengeluarkan dana tak kurang dari 15 juta rupiah hanya untuk masa tayang 1 bulan. Sangat mahal bukan?

Sementara itu cara kedua juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan cara kedua: nyaris tidak diperlukan biaya untuk promosi karena Anda memanfaatkan media gratis semacam Facebook untuk promosi. Mungkin Anda cuma perlu mengeluarkan dana untuk ngenet. Kekurangan cara kedua: exposure yang sangat terbatas dan tidak fokus karena hanya memanfaatkan 1 media (gratisan) dengan jangkauan pasar terbatas untuk promosi.

Saya tidak tahu cara pertama atau kedua yang selama ini Anda pilih untuk mempromosikan blog atau produk Anda. Namun jika Anda cukup berpikiran terbuka dan benar-benar ingin mengetahui cara baru mempromosikan blog atau produk Anda, barangkali cara ketiga atau alternatif ini bisa Anda pertimbangkan.

Apa itu?

Mempromosikan blog atau produk Anda di 1000 lebih situs iklan baris yang bisa Anda pilih sendiri ceruknya dengan biaya yang sangat terjangkau menggunakan software JagoPromo!

Ya, baru-baru ini seorang teman memperkenalkan saya dengan JagoPromo, sebuah software pengirim iklan baris secara massif ke lebih dari 1000 situs iklan baris berbahasa Indonesia. Yang menarik dari JagoPromo adalah teknologinya yang memampukan kita untuk mengirim iklan tanpa harus mengunjungi ribuan situs iklan baris satu-persatu. Cukup 10-15 menit, dan iklan yang Anda buat akan menyebar laksana virus ke situs-situs iklan baris yang bisa Anda pilih sendiri.

Selain memampukan Anda untuk berpromosi ke 1000 lebih situs iklan baris yang bisa Anda pilih sendiri ceruknya hanya dengan sekali "klik" (dengan mendapatkan backlinks), JagoPromo juga memiliki sejumlah kelebihan yang akan sangat memudahkan Anda untuk mencapai tujuan promotion campaign blog atau produk Anda.

Pertama, dilengkapi dengan fitur pengisi captcha otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi mengisi captcha yang jamaknya disediakan oleh penyedia situs iklan baris. Cukup ikuti petunjuknya dan software cerdas ini akan menyelesaikan tugasnya.

Kedua, memampukan Anda untuk melakukan multiple submit tanpa harus menunggu iklan pertama terkirim ke situs iklan baris. Artinya, Anda bisa mengirim iklan berikutnya sembari menunggu proses terkirimnya iklan pertama dan seterusnya. Sangat menghemat waktu.

Ketiga, Anda bisa memilih kategori iklan sesuai topik blog atau produk Anda sehingga lebih fokus untuk pasar yang Anda tuju. Dengan kata lain, iklan Anda akan dibaca hanya oleh mereka yang benar-benar merupakan pangsa pasar blog atau produk Anda.

Keempat, Anda bisa menentukan sendiri batas waktu tayang iklan Anda sehingga lebih efektif dan efisien. Jika Anda ingin melakukan massive campaign, Anda bisa mengatur batas waktu tayang iklan Anda lebih lama dari biasanya. Exposure blog atau produk Andapun akan meningkat.

Kelima, dilengkapi dengan window Laporan sehingga Anda bisa memantau kondisi iklan-iklan yang Anda kirimkan ke situs-situs iklan baris. Artinya, Anda bisa mengecek iklan yang telah terkirim, sedang dalam proses pengiriman, atau bahkan gagal terkirim. Jika gagal, Anda bisa mengirimkannya lagi.

Keenam, sangat mudah digunakan bahkan jika Anda hanya bisa mengetik sekalipun. Setelah di-aktivasi, Anda akan menemukan Window Utama software JagoPromo dengan fitur-fitur di dalamnya. Saran saya, bacalah bagian "Bantuan" terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Setelah itu, saya yakin Anda pasti mahir menggunakannya.

Ketujuh, Anda tidak perlu lagi membayar iklan untuk biaya per kredit iklan. Berbeda dengan iklan PPC atau iklan baris biasa yang harus membayar biaya iklan per kredit, dengan JagoPromo Anda tidak perlu lagi membayar biaya untuk setiap iklan yang tampil di situs iklan baris mitra JagoPromo. Jadi lebih hemat biaya.

Kedelapan, harga yang sangat terjangkau. Untuk masa aktivasi selama sebulan Anda cukup hanya membayar Rp.30.000. Sangat murah jika dibandingkan dengan manfaat yang bisa Anda peroleh dari software cerdas ini.

Kesembilan, disertai dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI. Jika software ini tidak berfungsi seperti yang dijanjikan, silahkan mengembalikan dan uang Anda pun akan kembali utuh. Dengan kata lain, Anda bisa bisa mencobanya terlebih dahulu, dan jika software ini tidak bekerja sesuai yang dijanjikan, uang Anda akan kembali. Tidak ada ruginya sama sekali bukan?

Bolehkah mencoba terlebih dahulu?

Kenapa tidak? Silahkan kunjungi situs JagoPromo.com, lalu scroll kursor sampai ke bawah halaman utamanya dan ikuti petunjuk Registrasinya. Anda cukup membayar Rp.30.000 untuk biaya aktivasi dan mendownload software JagoPromo. Jika Anda tidak puas dengan layanan software ini, Anda bisa mengembalikannya dan uang Anda pun akan kembali 100%.

Jika Anda serius dengan aktivitas blogging atau bisnis online Anda, kenapa tidak mencoba memanfaatkan JagoPromo sekarang juga dan mulai mempromosikan blog atau produk Anda dengan cara yang mudah dan murah?

Saya sendiri sudah mencobanya dan PUAS dengan layanan JagoPromo.com.

Ingat, take action adalah karakter pebisnis yang membedakan Anda dengan orang kebanyakan.

Klik disini untuk mencoba JagoPromo

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari PJLightHouse.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
10 Tips Guerrilla Marketing Untuk Blog Anda
Traffic Juga Manusia: 5 Tips Memikat Pengunjung Blog Anda
10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda

7 Cara Sederhana Membangun Otoritas Blog Anda

Posted: 19 Apr 2010 08:45 PM PDT


Menghasilkan uang lewat blog atau dengan blog sejatinya BUKAN sekedar persoalan menampilkan iklan banner PPC di sidebar blog, menulis paid review, atau menawarkan spot iklan mandiri. BUKAN. Karena jika persoalannya cuma semudah itu, saat ini tentu sudah ada teramat banyak blogger Indonesia berpenghasilan jutaan bahkan ratusan juta rupiah per bulan.

Alih-alih, menghasilkan uang lewat blog sejatinya adalah persoalan membangun otoritas blog yang harus dimulai jauh-jauh hari sebelum iklan banner PPC terpasang, sebelum mendaftar program paid review atau sebelum spot iklan mandiri ditawarkan kepada calon pemasang iklan. Ringkasnya: membangun otoritas blog mutlak dilakukan sebelum Anda melakukan monetisasi blog.

Sebenarnya apa sih otoritas blog itu?

Secara sederhana, otoritas blog adalah "an accepted source of expert information or advice from a blog" atau sumber informasi atau nasehat terpercaya dari seorang pakar atau blogger. Sebuah blog yang memiliki otoritas seringkali menjadi rujukan bagi blog-blog lain. Misalnya, ProBlogger.net milik Darren Rowse adalah sebuah blog yang memiliki otoritas di dalam niche khusus make money from blogging. Atau, CopyBlogger.com adalah blog yang memiliki otoritas di dalam niche khusus copy writing untuk blog. Dengan otoritas kuat yang dimiliki oleh kedua contoh blog diatas, traffik pengunjung pun meningkat, branding menguat, pemasang iklan berjubel dan pundi-pundi dollar pun semakin tebal. Ringkasnya: blog yang memiliki otoritas memiliki peluang jauh lebih besar untuk menghasilkan uang ketimbang blog biasa-biasa saja.

Lalu bagaimana strategi membangun otoritas blog?

Berikut adalah tujuh cara membangun otoritas blog yang saya sarikan dari pengalaman saya pribadi selama menekuni aktivitas blogging sejak tahun 2006. Meskipun bisa jadi bukan strategi terbaik, apalagi paling sempurna, barangkali apa yang pernah saya lakukan bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda untuk mulai membangun otoritas bagi blog Anda.

7 Cara Sederhana Membangun Otoritas Blog Anda

1. Fokus Pada Minat, Hobi dan Keahlian Anda
Sebuah blog yang memiliki otoritas pasti terfokus pada suatu topik tertentu. Semakin mendalam penguasaan terhadap suatu topik, maka semakin tinggi tingkat otoritas blog tersebut. Kembali ke contoh blog diatas, ProBlogger.net dan CopyBlogger berhasil menjadi blog dengan otoritas yang tinggi karena fokus pada SATU topik tertentu. Jadi, mulailah menfokuskan diri pada minat, hobi dan keahlian yang benar-benar Anda kuasai. Jangan sekedar ikut arus dan trend yang sedang berkembang di dunia blogging. Misalnya, jika Anda memiliki minat yang besar pada seni melipat kertas atau Origami, maka tidak ada salahnya untuk menulis tentang berbagai hal di seputar Origami, ketimbang sekedar ikut-ikutan menulis tentang topik make money from blogging yang sebenarnya sama sekali tidak Anda kuasai. Percayalah, suatu saat nanti, blog dengan topik Origami milik Anda pun pasti bisa menjadi model pengalaman berharga untuk menulis tentang topik make money from blogging jika blog tersebut sudah benar-benar menghasilkan uang. Dengan menulis topik yang menjadi minat atau hobi Anda, Anda juga akan lebih bisa menikmati aktivitas blogging untuk jangka waktu yang lama. Ingat, jika Anda serius ingin menekuni aktivitas blogging, maka mau tidak mau Anda harus siap bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

To do lists:
1. Mulailah menggali minat, hobi dan keahlian yang Anda kuasai.
2. Mulailah menulis di seputar minat, hobi dan keahlian Anda melalui blog Anda.
3. Jangan meremehkan topik kecil dan sepele yang tidak banyak dilirik orang. Tulislah apapun minat dan hobi Anda.

2. Berikan Yang Terbaik Bagi Pembaca
Fokus pada minat, hobi dan keahlian Anda adalah langkah pertama, namun Anda tidak bisa berhenti hanya sampai disini. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk membangun otoritas blog Anda adalah berusaha memberikan apapun yang terbaik bagi pembaca blog Anda. Artinya: mulailah menulis artikel-artikel terbaik bagi pembaca blog Anda. Jika mungkin, mulailah menulis artikel pilar berkaitan dengan topik blog Anda. Sekedar mengingatkan, artikel pilar adalah artikel yang bersifat mendasar, tak terbatas waktu dan menjadi body of knowledge bagi blog Anda. Dengan menulis artikel pilar dalam topik yang Anda minati atau kuasai di blog Anda, maka Anda telah mulai berinvestasi untuk membangun otoritas blog Anda. Selain menulis artikel pilar (dan artikel yang lain), berusahalah untuk selalu memberikan apapun yang terbaik bagi pembaca blog Anda.

To do lists:
1. Mulailah menulis artikel pilar dalam topik blog Anda.
2. Berusahalah untuk selalu menyajikan artikel terbaik bagi pembaca blog Anda.
3. Jaga ritme menulis Anda agar artikel yang Anda tulis selalu berbobot.

3. Tunjukkan Bukti, Bukan Teori
Setiap orang bisa membaca buku dan mengutip teori dari buku. Setiap orang bisa "mengajar", tetapi belum tentu bisa melakukan apa yang dia ajarkan. Demikian halnya, banyak orang bisa menulis dengan mengutip dari blog lain, namun tidak semua orang bisa menulis berdasarkan pengalaman pribadi. Pasalnya, tidak semua orang bisa memiliki pengalaman pribadi yang benar-benar ia lakukan. Salah satu kunci jika Anda benar-benar ingin membangun otoritas blog Anda adalah: mulailah menulis berdasarkan pengalaman Anda sendiri. Tunjukkan bukti, bukan teori. Jika perlu, gunakan gambar dan foto yang bisa memperkuat tulisan Anda. Dengan menunjukkan bukti otentik, maka pembaca blog Anda pun akan semakin mempercayai Anda. Tanpa menyajikan bukti dari pengalaman Anda sendiri, maka blog Anda hanya akan menjadi satu diantara ribuan blog yang lain yang hanya "mengutip" dari blog lain.

To do lists:
1. Mulailah mengingat-ingat dan menginventarisir pengalaman pribadi Anda sebagai materi blog Anda.
2. Tulislah artikel berdasarkan pengalaman pribadi Anda.
3. Jangan hanya "mengutip" atau melaporkan dari blog lain.

4. Dapatkan Endorsement Dari Blogger Lain
Otoritas yang Anda miliki akan semakin kuat jika Anda mendapatkan endorsement (pengakuan atau dukungan) dari blogger lain di dalam niche Anda. Dengan mendapatkan endorsement dari blogger lain, maka pembaca blog Anda akan semakin percaya dengan otoritas yang Anda miliki. Ingat bahwa salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan blog Anda adalah dengan membiarkan orang lain yang mempromosikan blog Anda. Untuk mendapatkan endorsement dari blogger lain, Anda bisa meminta secara langsung kepada blogger lain atau memberikan kesempatan kepada blogger lain untuk terlibat dalam aktivitas di blog Anda.

To do lists:
1. Mulailah menjalin networking lebih intens dengan blogger lain di dalam niche Anda.
2. Secara elegan mintalah endorsement kepada blogger lain di dalam niche Anda.

5. Tunjukkan Bukti Otoritas Anda
Orang lain membutuhkan bukti bahwa blog Anda adalah blog yang memiliki otoritas. Jika Anda sudah cukup memiliki bukti, tidak ada salahnya untuk menunjukkan bukti kepada pembaca blog Anda. Salah satu bukti otoritas blog yang bisa Anda tunjukkan adalah jumlah pelanggan RSS Feed blog Anda. Semakin banyak jumlah pelanggan RSS Feed blog Anda, maka semakin kuat bukti otoritas yang bisa Anda sampaikan kepada pembaca blog Anda. Jadi, tidak ada salahnya menampilkan RSS Reader Counter di blog Anda. Selain jumlah pelanggan RSS Feed, banyaknya pengikut Twitter dan jumlah komentar juga bisa menjadi indikator otoritas blog Anda. Rumusnya sama, semakin banyak komentar di blog Anda, maka semakin tinggi otoritas blog Anda. Jika Anda belum memiliki bukti yang cukup, tidak ada salahnya untuk mulai membangun bukti otoritas blog Anda dari sekarang.

To do lists:
1. Mulailah mendaftar layanan penyedia RSS Feed seperti Feedburner.com.
2. Mulailah menampilkan RSS Reader Counter dan Comments Counter di blog Anda.
3. Mulailah menampilkan Twitter Follower Counter di blog Anda.

6. Bantu Blogger Lain Dengan Otoritas Anda
Membangun otoritas bukan semata-mata persoalan membangun blog. Alih-alih, membangun otoritas blog sejatinya adalah persoalan membangun nama baik Anda. Dengan kata lain, membangun otoritas tidak ada artinya jika Anda tidak membangun hubungan yang baik dengan komunitas blogger dalam niche Anda. Karenanya, mulailah membantu blogger lain dengan keahlian yang Anda miliki. Berilah ruang bagi pembaca blog Anda untuk bertanya dan belajar kepada Anda. Anda bisa mulai membangun fondasi komunitas pembaca blog Anda dengan cara memberikan bantuan secara tulus kepada mereka. Semakin Anda banyak membantu pembaca blog Anda, maka akan semakin kuat otoritas Anda.

To do lists:
1. Mulailah membentuk komunitas pembaca blog Anda.
2. Tawarkanlah bantuan kepada pembaca blog Anda berkaitan dengan keahlian yang Anda miliki.
3. Cobalah brainstormning ide mengenai bagaimana Anda bisa membantu pembaca blog Anda.

7. Menjaga Otoritas Dengan Tetap Rendah Hati
Langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk membangun otoritas blog Anda adalah berusaha mempertahankan otoritas blog Anda. Caranya? Gampang kok. Bersikaplah rendah hati. Jujurlah kepada pembaca blog Anda. Jangan sekali-kali membohongi pembaca blog Anda. Jika kebetulan Anda tidak bisa menjawab pertanyaan pembaca blog Anda, tidak ada salahnya berkata jujur dan menyampaikan apa adanya bahwa Anda tidak bisa menjawab pertanyaan pembaca blog Anda. Juga, jangan sombong. Kalau toh Anda memiliki pencapaian-pencapaian yang layak Anda banggakan, sampaikan dengan cara yang wajar dan santun. Dengan bersikap jujur dan tetap rendah hati, Anda telah menyampaikan pesan kepada pembaca blog Anda bahwa Anda pantas dirujuk dan dipercaya.

To do lists:
1. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur dan rendah hati.
2. Jawablah pertanyaan pembaca blog Anda tanpa harus membohongi mereka.
3. Jangan sombong.

-------------------------------

Dengan menjalankan ketujuh cara sederhana diatas, hemat saya, niscaya jalan untuk menjadikan blog Anda sebagai blog yang memiliki otoritas di dalam niche Anda pasti akan tercapai. Dan hasil akhirnya, tentu akan semakin besar peluang Anda untuk menghasilkan uang lewat blog Anda.

Yang pasti, seperti yang telah saya alami, membangun otoritas blog memang bukan hal yang mudah dan instan. Butuh waktu. Butuh energi ekstra. Butuh kesabaran. Namun jika Anda persisten, saya yakin, memiliki blog yang memiliki otoritas dan dipercaya bukanlah hal yang tidak mungkin. Meskipun tertatih-tatih, saya sudah membuktikannya juga kok. Ingat, blog ini sudah berumur 4 tahun. Waktu yang cukup lama untuk jatuh bangun dan bertahan di dunia blogging.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda siap untuk menempuh perjalanan panjang mencapai predikat blog yang memiliki otoritas?

Senang sekali jika Anda mau berbagi dengan saya di kolom komentar blog ini.

Sekedar ingin berbagi. Happy blogging and have fun!

(Gambar diambil dari SellingPoint.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
11 Parameter Blog dan Blogger Sukses
10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar Untuk Blog Anda
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog dofollow, silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan backlink

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner