Klik Info Sponsor Kumpulblogger Yang Anda Suka Untuk Menutup Jendela ini.
 Anda tidak akan kehilangan halaman ini, karena sponsor akan terbuka di TAB baru. Terima Kasih
Mau membuat account google adsense tanpa blog? atau hanya menggunakan blogspot seperti pada blog ini? Caranya sangat mudah. Cukup kirim email ke cacingbakar@gmail.com.

Thanks Atas 100+ Komentar Anda! | Blogguebo.com

Thanks Atas 100+ Komentar Anda! | Blogguebo.com


Thanks Atas 100+ Komentar Anda!

Posted: 20 May 2010 11:10 PM PDT


Ya, izinkanlah saya menyampaikan beribu terima kasih kepada Anda, para pembaca dan pelanggan setia blog ini, yang telah sudi berbagi dan memberikan 100 lebih komentar di setiap artikel di Blogguebo.com.

Sejak tahun 2009, nyaris setiap artikel di Blogguebo.com memang selalu mendapatkan setidaknya 100 komentar. Yang menarik, jumlah komentar yang cukup banyak tersebut tidak hanya diberikan untuk artikel-artikel yang saya tulis sendiri, melainkan juga untuk artikel yang ditulis oleh blogger tamu atau guest blogger. Bahkan, salah satu artikel guest blogger di Blogguebo.com mendapatkan 593 komentar (Rayakan Pencapaian Blog Anda, artikel tamu dari Mas Herman Yudiono). Yang lebih membahagiakan, artikel paid review di blog ini pun bahkan bisa mendapatkan 245 komentar (Virtual Credit Card: Cara Cerdas Verifikasi Paypal). Wow!

Buat saya, jumlah komentar sebanyak itu sungguh luar biasa karena jujur saja, pada awalnya blog ini hanyalah blog pribadi dan sama sekali tidak diniatkan untuk menjadi blog populer. Barangkali sama dengan Anda, pada saat-saat awal menekuni aktivitas blogging saya pun harus berjibaku untuk memperkenalkan blog ini dan mendorong blogger lain agar mau mengomentari tulisan saya.

Bagaimana caranya?

Rasanya hampir sama juga dengan apa yang Anda lakukan ketika Anda masih baru di dunia blogging. Waktu itu nyaris setiap jam saya memelototi layar monitor demi berkomentar di sebanyak mungkin blog lain. Bisa 20-30 blog yang saya komentari setiap harinya. Dan itu berlangsung berbulan-bulan. Harapannya tentu saja agar sang blogger dimana saya berkomentar mau berkomentar balik di blog ini. Sekedar mengenang kembali, artikel pertama yang saya tulis di blog ini, pada bulan November 2006 (Perihal Blog Ini), hanya dikomentari oleh 5 orang pembaca! Beberapa artikel yang lain pada tahun 2006 juga dikomentari hanya oleh 1-5 orang pembaca (Kematian atau Melayani dan Dilayani). Bahkan hingga tahun 2008, masih ada artikel di blog ini yang hanya dikomentari oleh 4 orang pembaca! (Blogguebo: Berbagi Tips Seputar Blogging dan Bisnis Online). Wah!

Jika sekarang jumlah komentar di blog ini selalu lebih dari 100 komentar (dan relatif berkualitas, karena setidaknya tidak ada komentar "Pertamaxxx!") maka hal itu adalah sebuah pencapaian tersendiri bagi saya. Setidaknya, hal itu berarti bahwa Blogguebo.com sudah semakin dikenal dan bermanfaat bagi para blogger yang ingin belajar seluk beluk make money from blogging terutama untuk blog berbahasa Indonesia. Jadi, sekali lagi, terima kasih atas apresiasinya.

Moral pengalaman ini?

Setiap pencapaian besar dimulai dari pencapaian-pencapaian kecil. Jika boleh jujur, yang membuat komentar di blog ini bisa sebanyak itu adalah karena saya tetap bertahan mencintai aktivitas blogging. Saya juga membangun blog ini dengan penuh cinta. Bukan karena saya lebih hebat, lebih jago, atau lebih pintar dari yang lain. Dengan cara lain, Albert Einstein, sang penemu jenius, ketika ditanya mengenai rahasia kesuksesannya mengatakan: "It's not that I'm so smart. It's just that I stay with problems longer."

Bukan karena saya begitu pintar. Tapi cuma karena saya bertahan lebih lama dengan masalah yang saya hadapi.

Betapa benarnya.

(Gambar diambil dari Blaugh.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
11 Parameter Blog dan Blogger Sukses
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu
Menjadi Blogger Produktif: 12 Tips Praktis

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini adalah blog dofollow, silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan backlink

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner